Lewati ke konten utama

Entri blog oleh Admin User

Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia di Kota Bogor

Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia di Kota Bogor

pelatihan AKM


Pemaparan materi Asesmen Formatif oleh Ibu Rahmah Zulaiha

Asesmen Nasional (AN) terdiri dari 3 komponen yaitu AKM yang mengukur kompetensi minimum (literasi dan numerasi), dan mengukur capaian peserta didik dari aspek sosial-emosional (survei karakter) serta mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di satuan pendidikan (survei lingkungan belajar).  AKM diikuti oleh peserta didik kelas IV, VIII, dan X. Penetapan kelas IV, VIII, dan X adalah untuk mengukur kesiapan siswa dalam mencapai standar kompetensi lulusan dan memiliki kecakapan hidup (life skill). AKM Nasional tidak melaporkan capaian kompetensi siswa di tingkat individu siswa, melainkan melaporkan di tingkat satuan pendidikan, daerah, dan nasional. Oleh karena itu, Kemendikbudristek menyediakan AKM Kelas untuk membantu guru melakukan diagnosa capaian kompetensi minimum siswa di level individu siswa.

AKM Kelas juga diharapkan dapat memberikan informasi perkembangan siswa dengan mengidentifikasi aspek sub konten yang belum dikuasai/lemah dalam kompetensi minimum literasi dan numerasi. Hasil AKM Kelas digunakan untuk merancang pembelajaran yang menyesuaikan tingkat kompetensi murid (teaching at the right level). AKM Kelas akan dilaksanakan melalui metode semi-daring yang mana guru secara mandiri dapat menjadwal pelaksanaan AKM Kelas. Moda pelaksanaan AKM Kelas dapat menggunakan aplikasi Motivasi melalui komputer/laptop dengan sistem operasi Windows atau dapat menggunakan aplikasi AKM Kelas melalui gawai dengan sistem operasi Android.


Selain untuk program yang digagas oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) sendiri, aplikasi AKM Kelas Mode Survei juga diminati dan digunakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Ristek-Dikti) untuk Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dan Angkatan 4. Menindaklanjuti pelaksanaan AKM Kelas secara meluas, Pusmendik melaksanakan kegiatan Pengukuran Kompetensi Nasional dengan mengevaluasi hasil pelaksanaan AKM Kelas yakni dengan serangkaian kegiatan yang meliputi penyusunan desain, pengolahan data, penyusunan peta mutu, penyusunan bahan diseminasi pemanfaatan hasil asesmen, dan evaluasi pemanfaatan hasil asesmen.


Pelatihan AKM

Aplikasi AKM Kelas juga dikolaborasikan dengan aplikasi laman Asesmenpedia, yaitu sebuah platform bagi guru untuk saling berbagi dan bertukar ilmu, khususnya mengenai asesmen di kelas yang berkualitas, inovatif, dan inspiratif. Aplikasi asesmenpedia berkolaborasi dengan aplikasi AKM Kelas. Guru dapat memanfaatkan aplikasi AKM Kelas untuk mendigitalisasi soal yang sudah mereka susun sebelum kemudian diunggah ke laman Asesmenpedia.


Untuk mendesiminiasikan AKM Kelas dan Asesmenpedia lebih luas, Pusmendik mengadakan Kegiatan Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia 2022. Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia 2022 dilaksanakan di beberapa region. Dalam kegiatan ini Pusmendik mengundang Dinas Pendidikan beserta guru-guru dari berbagai provinsi sebagai peserta pelatihan. Pelatihan pertama dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 31 Juli 2022 berlokasi di Kota Bogor. Pada gelaran pertama ini Pusmendik mengundang guru-guru Sekolah Penggerak dari provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.


Kegiatan Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia bertujuan untuk melatih guru-guru dalam mengoperasikan aplikasi AKM Kelas dan Asesmenpedia sebagai media asesmen, mulai dari menyiapkan soal, merakit paket soal, mnegujikan ke siswa, hingga penskoran dan interpretasi hasil penskoran.  Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Pelatihan AKM Kelas dan Asesmenpedia tentunya adalah guru-guru dapat memanfaatkan aplikasi AKM Kelas dan Asesmenpedia kemudian mengimbaskan ke guru-guru lain di lingkungan kerjanya.


Informasi lebih lanjut tentang AKM Kelas dapat dipelajari melalui tautan https://pusmendik.kemdikbud.go.id/akmkelas. Sedangkan Asesmenpedia dapat dipelajari lebih lanjut melalui laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/asesmenpedia. Di dalam masing-masing laman sudah tersedia informasi umum, panduan mengakses, video tutorial, hingga daftar pertanyaan yang sering ditanyakan. Selain di kedua laman tersebut, video-video tutorial AKM Kelas dan Asesmenpedia juga dapat diakses melalu kanal Youtube Pusmendik melalui tautan https://www.youtube.com/c/PusmenjarKemdikbud/playlists.

(Sumber:https://pusmendik.kemdikbud.go.id/konten/pelatihan-akm-kelas-dan-asesmenpedia-2022-di-kota-bogor)

  • Share